78 FAKTA MENARIK TENTANG BELANDA

semestafakta

semestafakta-holland map

1. Nama Belanda (Nederland) berasal dari keadaaan geografinya yang 20% daratan dan penduduknya hidup lebih rendah dari permukaan laut. Daratan yang tinggi, hanya 1 meter di bawah permukaan laut, luasnya sekitar 50%. Istilah Nederland artinya adalah “Negara Rendah”.

semestafakta-netherland flag

2. Ada 23 juta orang yang menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pertama dan 5 juta sebagai bahasa kedua. Di samping Belanda, bahasa Belanda juga menjadi bahasa Aruba, Belgia, Curacao, Sint Maarten, dan Suriname.

3. Belanda memiliki 12 provinsi, yaitu Holland Selatan, Holland Utara, Brabant Utara, Gelderland, Utrecht, Overijssel, Limburg, Friesland, Groningen, Drenthe, Flevoland, dan Zeeland.

4. Belanda adalah negara Republik dengan monarki konstitusional. Monarki Belanda adalah sejak Pangeran William of Orange pada abad ke-16. Raja Willem Alexander berkuasa sejak April 2013, ketika ibunya, Ratu Beatrix turun tahta setelah selama 33 tahun menjadi ratu.

semestafakta-Prince William of Orangesemestafakta-King Willem-Alexander

5. Belanda memiliki dua ibukota, yaitu Amsterdam (ibu kota resmi yang disahkan sejak abad ke-18) dan Hague (pusat pemerintahan…

Lihat pos aslinya 1.933 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s