Kiat-kiat berpidato di depan umum

ekorudiyanto

Kiat – kiat berpidato
di depan umum

Berbicara di depan masyarakat umum menjadi suatu pekerjaan yang paling dihindari banyak orang. Alasannya, takut malu-maluin atau takut tak kuat menahan serangan demam panggung. Kian penting materi berpidato, kian gemetar badan. Berikut adalah kiat-kiat, agar tak mengalami demam panggung dan pidato pun berjalan dengan baik dan komunikatif.

• Buatlah singkat. Jangan berpidato terlalu lama, karena dapat membuat pendengar merasa bosan. Sesuaikan durasi pidato dengan konteks permasalahan.
• Buatlah sederhana. Pendengar akan menangkap satu atau dua dari ide yang Anda sampaikan. Bukan sepuluh atau duapuluh. Jika Anda tak bisa mengekspresikannya dalam satu dua kalimat, pidato akan kurang fokus.
• Bersikaplah realistis. Anda diminta berpidato karena memiliki pengalaman yang tak dimiliki oleh pendengar. Bagilah pengalaman tersebut, dan buat mereka merasakan apa yang Anda rasakan.
• Tarik perhatian khalayak. Pada menit-menit pertama berpidato, jalin hubungan dengan pendengar. Tersenyumlah atau mengangguk pada moderator. Lakukan kontak mata, dan…

Lihat pos aslinya 64 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s