Penerimaan Konsep PSH oleh Pemerintah Indonesia

mazanggit's Blog

Pendidikan ialah proses melatih akaliah, jasmaniah dan moral manusia untuk melahirkan warganegara yang baik serta menuju ke arah kesempurnaan bagi mencapai tujuan hidup.

Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, dalam buknya “Pengantar Pendidikan” (2005:42), mengemukakan salah satu konsep pendidikan itu adalah Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH), mengatakan bahwa konsep PSH sudah ada sejak zaman Rasulullah, sesuai sebuah hadis, “Tuntutlah ilmu sejak di buaian hingga ke liang lahat”.

Pada dasarnya PSH bertumpu pada keyakinan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan, tetapi  PSH merupakan suatu proses berkesinambungan yang berlangsung sepanjang hidup. Dalam konsep PSH disebutkan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan, melainkan merupakan suatu proses berkesinambungan dan berlangsung sepanjang hidup.

Dalam kenyataan hidup sehari-hari sudah dapat  dilihat bahwa pada hakikatnya orang belajar sepanjang hidup, meskipun dengan cara yang berbeda dan melalui proses yang tidak sama. Jelasnya tidak ada batas usia yang menunjukkan tidak mungkinnya dan tidak dapatnya orang tersebut belajar.

Dorongan belajar…

Lihat pos aslinya 380 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s