Model Kurikulum Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (Kurikulum 1975)

Idrus Mudeng's Weblog

Pengantar Model Kurikulum Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (Kurikulum 1975)

Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional atau disingkat PPSI merupakan salah satu pendekatan oleh guru atau tenaga pendidik  dalam merancang sistem pembelajaran khususnya satuan pembelajaran. PPSI merupakan pendekatan prosedur yang untuk menghasilkan program pembelajaran.

Sistem PPSI bersifat sistematik dan sistematisdan mengarah pada tercapainya tujuan khusus, dapat diukur, dan dirumuskan dalam bentuk prilaku peserta didik. Diterapkannya PPSI diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien.

 Kritik terhadap penerapan prosedur pengembangan sistem instruksional dikalangan para pengajar atau guru yaitu prosedur ini membawa konsekuensi terhadap beban kerja guru dan juga kepala sekolah bertambah di bidang administrasian  dokumen seperti penyusunan satuan pembelajaran yang detil, termasuk penyusunan alat evaluasi yang harus dapat mengukur tujuan pembelajaran.

Kurikulum setelah Indonesia Merdeka Sebelum diberlakukan PPSI

Sejarah kurikulum pendidikan di Indonesia kerap berubah setiap ada pergantian Menteri Pendidikan, sehingga mutu pendidikan Indonesia hingga kini belum memenuhi standar mutu yang jelas dan mantap. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan, yaitu pada tahun…

Lihat pos aslinya 427 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s