Fenilalanin & Fenilketonurik

The RedHare

Saat berakhir pekan ke Bandung kemarin, saya mendapat minuman secara cuma-cuma dari bis yang saya tumpangi (pegawai bis-nya tentu saja yang memberi, bukan bis-nya)
Tapi ketika mau minum, om saya melarang.
Jangan, liat tuh, ngga ada badan POM-nya. Minumannya bikinan sendiri. Kali aja aer-nya jga bikinan sendiri“, katanya.
Saya dapat pelajaran baru lagi: selalu perhatikan kemasan minuman!
Maklum, selama ini ngga pernah minum yang aneh-aneh, jadi tidak pernah memperhatikan.
Setelah capek jalan-jalan, kebetulan saya minum Okky Jely Drink. Iseng saya perhatikan kemasannya.
BPOM.. Ada..
Expired Date..
Komposisi..
lalu..
“mengandung fenilalanin, tidak cocok untuk penderita fenilketonurik..”
nah loh.. apa pula ini?
Balik ke Jakarta saya googling di kantor.
Maaf ya kantorku, saya tidak magabut kok..Ini kan demi kepentingan umat manusia..Kali aja nanti dateng klien mau konsultasi soal ini, atau mau nuntut si perusahaan gara-gara penyakitnya kambuh.. ya tho?
Ini yang saya dapat:

Fenilketonurikberarti gangguan fungsi ginjal dan…

Lihat pos aslinya 344 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s