Angka Kecukupan Gizi (AKG) Tahun 2004

GIZIMU

Buat penggiat gizi istilah Angka Kecukupan Gizi atau yang biasa disingkat AKG bukanlah barang baru, sejak mereka menginjakkan kaki di Kampus gizi istilah ini akan terus membuntutinya hingga di dunia kerja, heheheeh….. lebay ya?.

Mengapa Kecukupan, bukan kebutuhan?

Kecukupan itu menggunakan pendekatan POPULASI, artinya zat gizi yang tercantum di dalamnya merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh seorang individu untuk hidup sehat dalam satu populasi. Sedangkan Kebutuhan, menggunakan pendekatan INDIVIDU, artinya jumlah zat gizi yang dibutuhkan oleh seorang individu untuk dapat hidup sehat dan produktif. Atau dengan kata lain nilai yang terdapat pada angka kecukupan adalah rata-rata dari nilai kebutuhan. Untuk menghitung kebutuhan gizi seorang individu dapat menggunakan beberapa rumus, penjelasan tentang ini akan kami uraikan selanjutnya.

Beberapa negara menggunakan beberapa istilah yang berbeda, akan tetapi memiliki substansi yang sama, antara lain: Recommended Dietary Allowence (RDA) digunakan oleh Amerika dan sekitarnya, Nutrient Recommended Intake (NRI) oleh negara Eropa dan sekitarnya, dll.

Lihat pos aslinya 206 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s