CERDAS MAKNAWI CERDAS ISLAMI (lewat Salat)

Awamologi

lejitkan-kecerdasan-melalui-shalat-ok

Mampu memaknai diri dan kehidupan adalah anugerah terindah. Iman sebagai sebuah puncak kenikmatan akan terasa lezat melalui kemampuan pemaknaan ini. Karena itu, kita mesti bersyukur telah diberi sarana multidimensi yang dapat dipakai untuk melatih kemampuan ini, yaitu SALAT.

Itulah kiranya salah satu pelajaran yang dapat dipetik dari buku M. Shodiq Mustika Lejitkan Semua Jenis Kecerdasan melalui Shalat (Penerbit Diva Press, Yogyakarta, Cet. I Agustus 2008). Ya, “salah satu” karena sebenarnya semua jenis kecerdasan dapat dimaksimalkan melalui salat. Sekurang-kurangnya, sembilan jenis kecerdasan sebagaimana dikemukakan Howard Gardner, sang pencetus teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences), dapat dicuatkan lewat ibadah utama para muslim ini. Salat memang tidak hanya sebagai sarana penyehat jiwa dan raga, tetapi juga pencerdas segenap sisi manusia.

Secara teknis praktis, untuk dapat mencapai hal itu, kita dapat mengikuti panduan yang tersaji di buku ini. Itu karena buku ini merupakan edisi praktis dari buku M. Shodiq Mustika terdahulu, Panduan Salat…

Lihat pos aslinya 661 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s